Lagi, Ade Parlaungan Nst Ph.D Jabat Rektor Universitas Labuhanbatu

Sebarkan:



 

 

LABUHAN BATU - radarsumut.id :

 Assoc Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D, kembali menjabat Rektor Universitas Labuhanbatu (ULB) dalam sidang senat pemilihan rektor periode 2023-2028 di ruang rapat rektorat, Selasa (15/8).

Dalam sidang senat tersebut diusung tiga kandidat rektor yakni, Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D, yang merupakan rektor sebelumnya, Dosen FH Dr Bernat Panjaitan,S.H., MH, dan Dekan FST Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, M.Si.
Dari hasil pemilihan melalui sidang senat, Ade Nasution meraih suara terbanyak dan kembali terpilih menjadi Rektor ULB Periode 2023-2028. Kemudian, Ade Parlaungan Nasution dilantik dan diambil sumpah jabatan yang dilaksanakan diaula kampus ULB, Rabu (16/8).

Usai Bendahara Yayasan ULB, Doni Pinayungan Nasution membacakan Surat Keputusan hasil pemilihan rektor melalui sidang senat, dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan serta penyerahan bendera pataka oleh Ketua Yayasan ULB, Halomoan Nasution, SH.

Rektor ULB terpilih, Assoc. Prof. Ade Parlaungan Nasution, Ph.D dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk kembali lagi menjadi rektor.

“Ini amanah. Memimpin sebuah universitas diperlukan integritas, loyalitas, dan mengembalikan fungsi universitas itu sendiri dengan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa mengembangkan civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora,’’ tuturnya.

Berbagai pencapaian yang telah diraih ULB selama 5 tahun belakangan ini antara lain sudah membangun 6 perpustakaan di daerah-daerah Labuhanbatu Raya ini. Kemudian mendapat apresiasi penghargaan dari Bupati Labuhanbatu sebagai perguruan tinggi yang konsen terhadap perlindungan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Selain itu ULB turut membantu masyarakat di bidang-bidang agraria dan tenaga kerja. Kemudian penghargaan dari lembaga layanan perdidikan tinggi. Tidak hanya itu, ULB juga telah menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan maupun pemerintah negeri dan swasta.

Di bawah kepemimpinan Mendikbudristek Nadin Anwar Makarim telah banyak terobosan yang telah dilakukan di perguruan tinggi utamanya melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui MBKM mahasiswa ULB telah mengikuti pendidikan di pulau Jawa maupun Kalimantan. Harapannya mahasiswa yang mengikuti pendidikan diluar daerah akan mendapat pengalaman pengetahuan untuk membangun daerahnya.

Perguruan Tinggi memiliki tugas yang besar untuk memastikan memiliki Sumber Daya Manusia Unggul yang bisa memberikan kontribusi besar bagi pembangunan.

Untuk itu, program kedepan ULB akan berkolaborasi tingkat nasional dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMS yang nantinya menjadi basis bagi mahasiswa untuk mengikuti magang didunia industri. Sehingga memiliki daya saing dalam mencari pekerjaan setelah tamat nanti. Ditengah gempuran teknologi dan globalisasi, Universitas Labuhanbatu akan kembali memperkuat nilai budaya bagi mahasiswa untuk meminimalisir pengaruh negatif globalisasi.

Ade Nasution juga menyampaikan, saat ini Universitas Labuhanbatu dikatakan Unggul melalui penilaian masyarakat stakeholders maupun riset. Untuk mewujudkannya, ULB terus berkolaborasi dengan lembaga pemerintahan maupun swasta.

“Semua itu tidak dapat terwujud tanpa dukungan dari setiap elemen civitas akademik, organisasi pemuda, organisasi masyarakat terlebih dukungan dari pemerintah daerah setempat. Untuk itu kami butuh dukungan dari setiap elemen. Mari bersama kita bangun dunia pendidikan yang akan melahirkan SDM yang unggul untuk membangun dan memajukan daerah kita,” tutup Ade Nasution.

Sementara, Ketua Yayasan ULB, Halomoan Nasution, SH mengatakan bahwa pemilihan Rektor Universitas Labuhanbatu sudah sesuai dengan aturan dan mekanis melalui sidang senat dengan hasil pemilihan suara terbanyak.

“Pemilihan Rektor Universitas Labuhanbatu sudah sesuai dengan mekanisme, dan alhamdulillah Ade P Nasution terpilih kembali menjadi Rektor Universitas Labuhanbatu Periode 2023-2028,” ucapnya.

Ketua yayasan ULB juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian Ade P Nasution selama menjabat menjadi rektor di periode sebelumnya. Ia menilai Universitas Labuhanbatu banyak mengalami peningkatan melalui program-program yang dijalankan.

“Selama menjadi Rektor, Ade P Nasution banyak melakukan terobosan untuk kemajuan kampus. Mulai dari segi pembangunan fasilitas kampus, kemudian mendorong para Dosen dalam meningkatkan mutu pendidikan, serta membangun jaringan kerjasama antar lembaga kampus maupun lembaga pemerintahan negeri maupun swasta di seluruh Indonesia, dengan penilaian baik sekali,” ujar Halomoan.

Ketua Yayasan pun berharap, dengan terpilihnya kembali Ade P Nasution menjadi Rektor, pencapaian selama ini harus lebih ditingkatkan lagi dan berpesan kepada seluruh civitas akademik ULB untuk solid bekerjasama mendukung dan menjalankan program-program yang ada.

“Bila pada perayaan Diesnatalis ULB yang ke-25 kemarin kita mengusung tema ‘Kolaborasi Menuju Unggul’, maka di lima tahun ke depan Universitas Labuhanbatu wajib unggul. Dan itu semua tidak bisa terwujud bila kita tidak saling mendukung. Untuk itu mari kita seluruh civitas akademik ULB solid bekerjasama mewujudkannya,” ajaknya.

Yayasan siap mendukung dan memfasilitasi program-program yang akan dijalankan kedepan untuk kemajuan Universitas Labuhanbatu.

“Kita harus ingat perjuangan orang tua kita Alm Dr.H.Amarullah Nasution, SE.,MBA selaku pendiri ULB. Dan saat ini kita hanya melanjutkan. Untuk itu kita harus mempertahankan jangan sampai mundur,” tutup Halomoan Nasution.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Perwakilan Polres Labuhanbatu, Polres Labuhanbatu Selatan, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda, dan para tamu undangan lainnya.

Pelantikan Rektor universitas Labuhanbatu Periode 2023 – 2028 yang dilaksanakan di Auditorium Kampus Universitas Labuhanbatu beralamat di Jl. Sisingamangaraja No.126 A, Km. 3.5 Aek Tapa Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Propinsi Sumatera Utara dengan slogan kebanggaan kampus Universitas Labuhanbatu yaitu Kolaborasi Menuju Unggul.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini