Pengusaha Kopi Sidikalang Ingin Tembus Pasar Luar Negeri

Sebarkan:

 

DAIRI | radarsumut: 

  Sukses. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Dairi telah selesai melaksanakan Pelatihan Pengolahan Bisnis dan Manajemen Wirausaha bagi Pelaku Usaha Kopi, Jumat (11/8/2023) di Gedung Pusat Layanan Unit Terpadu (PLUT) Raja Ekuten Asah Ujung Van Keppas, Kecamatan Sidikalang.

  Kegiatan yang telah berlangsung selama empat hari tersebut mendapat respons positif dari pengusaha kopi yang mengikutinya, salah satunya Haposan Siahaan yang menyebutkan kegiatan tersebut sangat membantu bagi mereka yang sedang menjalankan usaha dan membutuhkan informasi tentang permodalan.

 "Kegiatan ini mendatangkan narasumber yang sudah ahli dibidangnya, jadi memang yang sudah berkompeten. Makanya, ilmu yang diberikan juga sangat membantu dan berguna bagi masyarakat Dairi khususnya kepada kami yang penggiat Kopi Sidikalang. Apalagi ada pihak perbankan, jadi kami semakin mengetahui langkah apa yang harus kami ambil berikutnya,” ujar Haposan.

 Haposan juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut, sehingga semakin banyak UMKM yang bangkit dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

 Hal yang sama juga disampaikan Mawan Simajuntak, pemilik usaha Kopi Cacana. Disampaikan Mawan, kegiatan ini dapat membantunya untuk menggali kembali warisan nenek moyang, yaitu Kopi Sidikalang.

 “Lewat pelatihan ini saya dimantapkan kembali untuk mengekspos Kopi Sidikalang, bukan hanya memperkenalkan di Sidikalang tapi ke Sumatera Utara, Indonesia bahkan ke negara luar yang pernah saya jalani, karena kopi adalah identitas dari Kabupaten Dairi,” ujarnya.

  Pada kesempatan yang sama, Kepala Disperindagkop Iwan Taruna Berutu menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan dan membantu mempertahankan wirausaha Kopi Sidikalang.

 "Kami telah menutup pelatihan yang telah berlangsung selama 4 hari terakhir, tapi ini masih berlanjut karena para narasumber akan mendampingi setahun kedepan. Sehingga apa yang menjadi cita-cita para pelaku usaha, terutama pada usaha kopi dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

 Dikatakannya agar pelaku usaha di Dairi dapat menjadikan PLUT sebagai rumah bagi pengusaha UMKM, sehingga usaha-usaha tersebut dapat dibantu menjadi produk yang terstandarisasi, moderen, dan masuk ke dalam digitalisasi. (Sdk/Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini