Bupati Eddy Berterimakasih Pembangunan KPT Capai 95%

Sebarkan:

 

DAIRI | radarsumut : 

 Belum genap setahun, luasan lahan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Parbuluan sudah mencapai 95 % dari target yang ditetapkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Atas pencapaian tersebut, Eddy  menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi dalam mendukung pengembangan KPT sejak awal pencanangan hingga saat ini.

  Demikian disampaikan Eddy Berutu usai melakukan Tanam Bersama Demplot Fertigasi di KPT Parbuluan, Kecamatan Parbuluan, Kamis (19/10/2023).

 “Kita bersyukur mendapat dukungan dari kementerian dan provinsi, sehingga pada hari ini kita mendapatkan bibit kopi yang unggul dan dijamin kualitasnya untuk lahan seluas 100 hektar. Kita juga bersyukur dan berterimakasih kepada kepala desa, bapak ibu petani, dan tokoh masyarakat yang sudah mau komit dalam mengembangkan KPT ini,” ucapnya.

  Karena keterbatasan anggaran, kata Eddy Berutu, pembangunan KPT hanya menggunakan 15% dari APBD Kabupaten Dairi dan selebihnya merupakan dukungan besar dari provinsi dan kementerian, baik tahun ini maupun tahun selanjutnya.

  Pada kesempatan yang sama, Eddy  juga menjelaskan KPT dibangun dengan konsep yang terintegrasi, sehingga diharapkan pada waktunya KPT dapat dilepas dan menciptakan masyarakat yang mandiri dan swadaya untuk mengelolanya.

 “Pembiayaan menjadi salah satu tantangan bagi petani selama ini, sehingga kita juga melibatkan perbankan dalam pengembangan KPT. Saya harap ini menjadi dukungan bagi petani dengan memanfaatkan program seperti ini, sehingga permasalahan di tingkat petani juga dapat teratasi,”tandasnya. 

  Diakhir penjelasannya, Eddy menyampaikan hal yang paling penting dalam pengembangan KPT adalah komitmen masyarakatnya.

 “Apabila masyarakat komitmen untuk mendukung program ini, maka kami jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi akan berani dan percaya diri untuk berbicara dengan pimpinan pusat dan provinsi. Karena komitmen masyarakat adalah kekuatan kami,”pungkasnya. (Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini