Bupati Eddy Tanam Kopi Bersama di KPT Parbuluan V, Komit Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang

Sebarkan:

 


DAIRI | radarsumut : 

  Komit. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu terus mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. Setelah berbagai upaya dan program termasuk pembangunan Sentra IKM kopi di Dusun Sibarung-barung, Kelurahan Bintang Hulu yang sedang berlangsung, upaya lainnya adalah tanam kopi bersama tepatnya di KPT Parbuluan V yang dilakukan pada Kamis (19/10/2023), bersama tim dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang dipimpin Muktar Sibarani.

 Hadir dalam tanam bersama itu Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Pemprovsu Lambok Turnip, Kus Haryanto dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Azis Herdiyanto dari Polbangtan Medan, Kadis Pertanian Dairi Robot Simanullang, Camat Parbuluan Saut M Sinaga, dan Ketua PKK Dairi Romy Mariani Simarmata.

  Komitmen dan konsitensi ini juga ditegaskan Bupati usai kegiatan tanam bersama kopi tersebut.

  Pemkab Dairi terus dan akan selalu berupaya sekuat tenaga untuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang ini.

 ” Ya, Kita tetap konsisten untuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. Namun, mengembalikan kejayaan kopi ini tentu butuh ‘effort’ dan peran seluruh pihak, baik pemerintah, masyarakat, juga swasta untuk satu pemikiran. Hari ini adalah bukti lain konsistensi kita,”tandasnya sesaat setelah tanam bersama.

  Desa Parbuluan yang memiliki ketinggian kurang lebih 1400 mdpl dianggap sangat cocok dan strategis untuk pengembangan kopi Sidikalang ini.

  “Di KPT ini semua terintegrasi, mulai dari komoditi tanaman hortikultura seperti cabai, kentang hingga tanaman kopi. Berbagai infrastruktur perlahan sudah kita siapkan termasuk penyediaan listrik tegangan tinggi guna mendukung pertanian presisi,”ucapnya. 

  Semua yang dilakukan ini, kata Eddy Berutu, adalah upaya dan kerja Pemkab Dairi dalam hal ini Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi serta dukungan penuh dari berbagai pihak termasuk Dirjen Hortikultutan Kementerian Pertanian.

 "Karena kita sungguh-sungguh ingin menyukseskan Agri Unggul ini, termasuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. Maka para pimpinan kita di provinsi hingga pusat juga memberi perhatian pada kita, ini juga patut kita syukuri,” ujarnya. (Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini