Bupati Toba ajak Warga Rawat Budaya Melalui Festival Mulak tu Bona

Sebarkan:

 

Pembukaan Festival "Mulak tu Bona" bertujuan merawat budaya dan wadah  saling berbagi cerita dan pengetahuan. (Ft: Kominfo Toba for radarsumut). 

Toba | radarsumut: 

  Yayasan Gracia Toba Raya melaksanakan Balige Writers Festival 2023 sejak 26-29 Oktober 2023 di Balige. 
Festival "Mulak tu Bona" diharapakan menjadi wadah bagi para penulis, budayawan, sastrawan dan komunitas lain untuk saling berbagi cerita dan pengetahuan. 

  Sebagai Writers Festival pertama, panitia sengaja mengangkat tema 'Mulak tu Bona' yang berarti kembali ke akar. 

  Pada pembukaan acara yang digelar di Museum TB. Silalahi Center, Bupati Toba, Poltak Sitorus diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Verry S. Napitupulu didampingi Kadis Kominfo Sesmon TB. Butarbutar, Kadis PMDPA Henry Silalahi, Sekretaris Disdikpora Sandy Sibua, dan perwakilan perangkat daerah lainnya. 

  Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Verry Napitupulu, mengapresiasi kegiatan tersebut dan diharapkan mampu mengangkat cerita sejarah, pendidikan, budaya da pariwisata di Kabupaten Toba. 

 "Kegiatan Balige Writers Festival 2023 diharapkan dapat mengangkat cerita sejarah, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata kawasan danau toba secara umum dan Balige secara khusus," harap Bupati. 

  Event ini juga diharapkan menjadi wadah kolaborasi dan sinergi untuk bersama-sama merawat budaya dan tradisi agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman. 

 "Melalui event ini marilah kita saling bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya merawat sejarah, tradisi, dan budaya dalam bentuk literasi agar senantiasa lestari, berkembang, dikenang dan tidak hilang tergerus kemajuan jaman di era globalisasi dewasa ini,"tandasnya. 

  Selama ini, Pemkab Toba juga telah berupaya melestarikan dan mensosialisasikan budaya batak na raja kepada seluruh masyarakat Toba. 

 "Batak Naraja yang di dalamnya meliputi perihal seputer karakter batak naraja yaitu Batak Namarugamo (Peduli), Batak Namaradat (Santun) Batak Namaruhum (Raat Hukum) dan Batak Namarparbinotoan (Bijaksana),"pungkasnya. 

 "Semoga melalui kegiatan Balige Writers Festival 2023 ini diharapkan upaya memajukan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Toba semakin dapat berkelanjutan, serta sekaligus dapat mendukung pariwisata di Kabupaten Toba yang saat ini merupakan destinasi pariwisata super prioritas sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia,"ucapnya. 

  Usai membacakan sambutan, Verry Napitupulu bersama para tokoh dan panitia membuka acara Balige Writers Festival secara resmi dengan memukul gondang. (Rel/Gib) 



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini