Ini Harapan Afandin buka MTQ ke-56 Langkat

Sebarkan:

 

LANGKAT| radarsumut: 

  Ditandai pengucapan Bismillahirrahmanirrahim bertepatan tanggal 24 Rabiul Awal 1445 Hijriah. Plt Bupati Langkat H Syah Afandin  secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-56  tingkat Kabupaten Langkat tahun 2023, bertempat di desa perkebunan Marike Kecamatan Kutambaru, Senin (9/10/ 2023). 

  MTQ Ke 56 Kabupaten Langkat ini mengusung Tema "Wujudkan Masyarakat Qur'ani Dalam Bingkai Keberagaman Menjadikan Langkat Negeri Terdepan".

  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh khafillah dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat dan khafillah Khusus dari PT LNK , dengan total peserta mencapai 790 orang. Acara ini berlangsung dari tanggal 09 hingga 13 Oktober 2023.

  Tidak hanya khafillah perwakilan kecamatan saja, acara pembukaan MTQ ke 56 tingkat Kabupaten Langkat ini juga di saksikan oleh ribuan masyarakat yang hadir di acara pembukaan tersebut. 

 Afandin menyampaikan MTQ adalah bagian dari pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya generasi bangsa untuk dapat menunjukkan prestasi terbaiknya di bidang keagamaan yang diharapkan memberikan dampak perilaku sebagaimana yang dikehendaki oleh Alquran. 

 "Yakni perilaku yang terbiasa berbuat kebaikan serta perilaku yang menjauhi kemungkaran," harapnya. 

  Oleh karenanya, lanjut Afandin, pemerintah merasa sangat berkepentingan akan agenda kegiatan ini sesuai dengan visi menjadikan masyarakat Langkat yang religius. Niat baik kegiatan yang hendaknya untuk terus diikuti dengan nilai-nilai kejujuran baik oleh peserta, dewan hakim maupun kepanitiaan. 

 "Kita ingin daerah ini bumi Langkat selalu dalam rahmat dan barokah dari Allah SWT, sebuah daerah yang jauh dari bencana daerah yang selalu Allah jadikan masyarakatnya mudah dalam memenuhi nafkah kehidupannya," inginnya. 

  Untuk itulah, tegas Afandin, momentum MTQ kali ini tidak kita harapkan hanya seremonial belaka, akan tetapi harus mampu merubah mindset pemikiran kita agar benar-benar muncul kesadaran menjadikan Alquran sebagai bacaan yang wajib dibaca bagi seorang muslim dalam kesehariannya demi meraih keberkahan diri dan negeri yang kita cintai.

 "Kepada seluruh masyarakat kecamatan Kutambaru terutama para pemilik pondokan tempat Satria, dewan Hakim maupun tempat panitia menginap layanilah keluarga-keluarga Allah ini dengan baik, niscaya kebaikan dan keberkahan akan pula diberikan kepada bapak ibu dan keluarga," pesannya. 

  Kepada semua pihak yang terlibat dalam mempersiapkan dan mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan ini tentunya kami juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tertinggi tingginya semoga segala yang diberikan hingga selesainya acara ini seluruhnya akan tercatat sebagai ibadah," tambahnya. 

 Laporan ketua panitia disampaikan Sekda Langkat sekaligus Ketua LPTQ Langkat Amril,S.Sos,MAP. Bahwa giat ini terselenggara berdasarkan Keputusan Bupati Langkat nomor 45.15-22/K/2023 tanggal 2 Oktober 2023 tentang panitia penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ke 56 Kabupaten Langkat 1445 Hijriyah/ 2023 Masehi dan 451.15-23/K/ 2023 tanggal 2 Oktober 2023  tentang dewan haki musyabaqah Tilawatil Quran ke-56 Kabupaten Langkat 1445 Hijriah 2023 Masehi.

 Berdasarkan data yang terhimpun pelaksanaan MTQ ke 56 melibatkan 879 orang, terdiri dari 89 panitia dan dewan Hakim serta 709 orang peserta dan official dari 23 Kecamatan ditambah 1 khafillah khusus dari PT LNK. Pelaksanaan kegiatan ini ditampung dalam APBD Langkat Tahun Anggaran 2023. (Jun) 



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini