Pelajar SMP N 1 Salak Ubah Sampah jadi Karya Seni

Sebarkan:

 


Pakpak Bharat| radarsumut: 

   Kreatif. Ratusan karya seni berbahan dasar sampah karya pelajar SMP N 1 Salak, Kab. Pakpak Bharat menghiasi ajang Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, (19/10/23).
Dari aneka hiasan dinding, pot bunga, miniatur rumah adat, pupuk organik dan lainnya.

  Kepala SMP N 1 Salak, Tumpak Banurea menjelaskan Gaya Hidup Berkelanjutan menjadi topik Pameran Projek Penguatan Profil Pancasila ini dengan mengusung thema “Sampahku, tanggungjawabku” dan diselenggarakan sebagai bentuk penerapan kurikulum merdeka yang telah diterapkan sekolah ini selama dua tahun belakangan.
Kegiatan hari ini telah dirancang dan dipersiapkan selama delapan belas hari kebelakang. Anak-anak seluruhnya dilibatkan dalam kegiatan ini. 

 "Inti dari kegiatan ini, sampah adalah tanggungjawabku, adalah sebuah pesan penting bagaimana mengelola sampah menjadi barang yang berguna ketimbang dibuang begitu saja. Inilah implementasi sesungguhnya dari kurikulum merdeka,"pungkasnya. 

  Tumpak juga mengungkapkan, bahwa pihaknya saat ini tengah bersiap untuk sebuah pameran yang lebih besar yang nantinya akan mengangkat thema budaya.

 "Nanti, dalam waktu dekat kami akan selenggarakan sebuah pameran yang jauh lebih besar yang nantinya akan mengangkat thema Mejan, untuk memberikan suatu pemahaman tentang seni budaya Pakpak, mungkin nanti akan kami kombinasikan dengan Pendidikan Seni dan Bahasa Indonesia,"ujarnya. 

 Sementara itu Elsye Tambunan, salah seorang Pengawas Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Pakpak Bharat yang juga hadir dalam kegiatan ini, mengungkapkan rasa bangga atas ide-ide kreatif yang diciptakan oleh Sekolah ini.

 "Jadi anak-anakku sekalian merasa banggalah, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, wujudkan cita-citamu, raih mimpimu, hormati gurumu, teman-temanmu dan orang tuamu. Itulah apa yang namakan Pelajar Pancasila,"ucapnya. 

 Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan, Kokmin Manik juga memuji Langkah dan terobosan cepat yang dilakukan oleh SMP N 1 Salak.

 "Dari dua puluh tujuh SMP yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, baru SMP N1 Salak lah yang telah menerapkan P5, mari kita tepuk tangan,"tandasnya. 

  Keceriaan tergambar jelas dalam wajah-wajah ratusan pelajar SMP N 1 Salak dalam melaksanakan Pameran ini. Dengan adanya pameran ini diharapkan siswa lebih peduli terhadap sampah. Dan membangun karakter siswa untuk peduli lingkungan sekitar. (Obah) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini