Afandin Hadiri Rakor bersama Forkopimda & Forkopimca Langkat

Sebarkan:

 


LANGKAT| radarsumut: 

  Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar se-Kabupaten Langkat bertempat, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Kamis (23/11/2023). 

  Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar Rapat Koordinasi Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar Se-Kabupaten dengan mengusung tema :"Optimalisasi Koordinasi dan Sinergitas Forkopimda, Forkopimcam dan 3 Pilar dalam Pencegahan dan Penyelesaian Konflik Sosial".

 Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat,  H. Amril menyampaikan pada laporannya, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Rapat Koordinasi Forkopimda dan Forkopimcam ini, yakni:

  Pertama, meningkatkan koordinasi dengan pihak atau lembaga terkait mengenai penanganan konflik tugas dan fungsi Masing-masing. 
Kedua, mendeteksi diri permasalahan yang akan timbul di lapisan masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya konflik. 
Ketiga, mengupayakan pemulihan pasca konflik dengan sebaik-baiknya apabila ada terjadinya konflik. 
Keempat, mengambil langkah-langkah cepat dan tegas serta profesional dalam menangani konflik yang terjadi. 

 Peserta rapat terdiri dari anggota Forkopimda, Sekretariat Forkopimda, anggota Forkopimcam Se-Kabupaten Langkat dan 3 Pilar Se-Kabupaten Langkat. 
 
 Afandin menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi perkopimda, perkopincam dan unsur 3 pilar Se- kabupaten Langkat pada hari ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 tentang forum koordinasi pimpinan di daerah. 
Serta peraturan Bupati Langkat Nomor 10 Tahun 2023 tentang forum koordinasi pimpinan daerah dan forum koordinasi pimpinan kecamatan.
 
  Dimana melalui peraturan tersebut diharapkan dapat memberikan umpan balik yang baik bagi jalannya roda pemerintahan dan seluruh rencana pembangunan di daerah serta dapat meminimalisir terjadinya konflik dan permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

 Juga mampu menyelesaikan masalah faktual di daerah dalam rangka kelancaran penyelenggaraan urusan pemilihan umum dan pembangunan daerah

 "Dengan hadirnya kita semua di tempat dan waktu yang baik ini maka saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk tetap berkomunikasi dan berkoordinasi secara intens terhadap semua kejadian dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Langkat dan segera menyampaikan laporan cepat kepada pimpinan yang lebih tinggi," harapnya. 

 Hal ini menjadi penting untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah kabupaten Langkat sehingga dengan terwujudnya keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Kabupaten Langkat dapat membuat masyarakat tenang dan terlindungi dalam menjalankan semua usahanya di berbagai sektor yang pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian ke arah yang lebih baik lagi. 

 Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada rakornas kepala daerah dan perform dan tahun 2023 untuk menghadapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di mana dalam hal ini dan forkopim CAM memegang peran penting dalam menjaga keseimbangan kondisi di tengah-tengah masyarakat. 

 "Selanjutnya kepada para kepala desa Lurah Babinsa dan babinkamtibmas se Kabupaten Langkat kiranya saya dan seluruh anggota porto Pemda tetap mengharapkan dukungan dan dari saudara-saudara sekalian untuk turut serta menjaga dan menertibkan serta mengantisipasi potensi konflik yang muncul di wilayah tugas saudara-saudara,"pungkasnya. (Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini