News

Bupati Pakpak Bharat Kagum melihat Kemampuan "Membayu" Siswa SMP

Sebarkan:

 


Pakpak Bharat | radarsumut: 

   Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Pendidikan selenggarakan kegiatan perlombaan dalam ajang pembinaan Bakat dan prestasi dalam ajang lomba kreativitas membayu ( sebuah karya tangan dari bahan anyaman / menganyam )pada tingkat siswa / i SMP se kabupaten Pakpak Bharat yang dimulai dari 8- 9 Juni 2023 

 "Lomba ini banyak manfaat bagi anak-anak, selain mengukur kemampuan bakat dan prestasi anak-anak, juga penting untuk mendorong program kita dalam upaya peningkatan literasi dan numerasi untuk peningkatan SDM  bidang pendidikan,'ujar Bupati di Aula Bale Sada Arih, ( 9/6). 

  Selain itu ajang lomba ini juga bertujuan untuk mengajarkan nilai budaya Pakpak bagi anak-anak kita, sangat perlu guna mendukung pelestarian budaya Pakpak yang juga merupakan bagian dari visi dan misi Bupati Pakpak Bharat,"Ucapnya. 

 Dalam pelaksanaan ajang tersebut beberapa orang tua juga mengucapkan apresiasi kepada bupati melalui dinas Pendidikan. Pakpak Bharat dimana menurutnya dalam penyelenggaraan kegiatan melalui perlombaan " membayu " ini sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri para siswa dan juga menambah pengetahuan generasi bahwa kegiatan membayu ini adalah suatu proses mempertahankan dan menumbuh kembangkan kembali suatu budaya tradisional suku Pakpak dalam membuat suatu bahan atau karya tangan yang terbuat dari bahan anyaman yang disebut Membayu,"tandas warga.  

 Menurutnya suku Pakpak juga dulunya bila membutuhkan tikar saja para orang tua selalu melakukan kegiatan disela mengisi waktu di malam hari melakukan kegiatan Membayu. Jadi disamping mengasah pengetahuan siswa tentang membayu hasil dari sebuah karya tangan tersebut juga sangat bernilai ekonomis bagi kita. (Obah) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini