Pangdam I/BB Lantik 500 Orang Menjadi Komcad Hanneg Matra Darat

Sebarkan:

 


Siantar| radarsumut: 

  Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin melantik 500 orang menjadi Komponen Cadangan Pertahanan Negara (Komcad Hanneg) Matra Darat, Senin (31/7/2023). 

 Ke-500 orang itu dilantik dalam upacara penutupan Latsarmil Komcad TA 2023 di Markas Rindam I/BB, Pematangsiantar. 

  Pangdam I/BB yang membacakan amanat Menhan RI, Prabowo Subianto, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan untuk ikut serta menjadi bagian dari Komcad Hanneg. 

 "Kerelaan ini merupakan bukti tanggung jawab kita bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengingat, bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, TNI dan Polri, tetapi juga semua warga negara Indonesia," ucap Pangdam. 

  Menhan berharap para Komcad Hanneg mampu mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata) kepada seluruh komponen lainnya. 

 "Sebagai Komcad Hanneg, kalian harus siap dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DRP RI dengan komandan dan kendalinya berada di Panglima TNI. Ini bertujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," ungkap Pangdam mengakhiri amanat Menhan. 

 Selain di Rindam I/BB, Latsarmil Komcad Hanneg Matra Darat lainnya juga digelar di Kodam XIII/Merdeka (300 orang), Kodam IX/Udayana (500 orang), dan Kodam XVIII/Kasuari (200 orang). 

 Untuk Matra Laut berada di Komando Pendidikan Marinir (500 orang), dan Matra Udara dipusatkan di Wingdik 800/Pasgat (500 orang). 

 Turut hadir di acara, antara lain Dir Belaneg Kemhan RI, Mayjen TNI Sarwono, Irdam I/BB, Brigjen TNI Boni Christian Pardede, SE, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, para PJU Kodam I/BB, serta unsur Forkopimda Pematangsiantar. 

Sumber: Pendam I/BB
Editor: Gibson Simanjuntak



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini