Pemilik Hak Ulayat Bintang Barung-barung Dukung Sentra IKM Kopi

Sebarkan:

 


DAIRI | radarsumut:
 
  Bersyukur, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Disperindag dan UMKM tahun 2023 membangun sentra Industri Kecil Menengah (IKM) kopi di Dusun Barung-barung, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang.
Pembangunan tersebut pun kini sudah dimulai.

  Pemilik Hak Ulayat (PHU) Bintang Barung-barung, Mahadi Bintang mendukung pembangunan sentra IKM kopi di Bintang Barung-barung oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

 "Pada prinsipnya, kami sangat mendukung program Pemerintah Dairi itu mudah-mudahan berjalan dengan baik,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Bintang Barung-barung, Sabtu (16/9/2023).

  Mahadi mengatakan, pihaknya merasa bersyukur karena Pemkab Dairi dan Bupati Eddy Berutu sudah berkenan dan memilih Dusun Bintang Barung-barung sebagai lokasi pembangunan sentra IKM kopi.

 “Ini kan kebanggaan bagi kita warga Barung-barung. Di tempat lain tentu ada juga yang hibahkan tanah, namun kita bersyukur daerah kita yang dipilih menjadi lokasi pembangunnya,” ujarnya.

  Mahadi  mengaku bangga adanya pembangunan sentra IKM kopi tersebut.

 “Perasaan saya atau kami sebagai pemangku hak ulayat di tanah barung-baru ini, kami sangat bangga dengan program pemerintah. Dengan hadirnya sentra IKM kopi berarti pemerintah Dairi sudah melobi bagaimana keberadaan kopi Sidikalang supaya terkenal lagi di luar Dairi bahkan sampai ke penjuru dunia. Kami sangat bangga,” ujarnya.

  “Kehadiran IKM bisa membuat kopi Barung-barung dan kopi Sidikalang semakin dikenal seluruh nusantara dan mancanegara. Itu harapan kami. Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Dairi yang berkenan menempatkan pabrik IKM kopi ini di Barung-barung. Intinya pembangunan sentra IKM kopi ini memang sudah diperlukan. Lalu menyerap tenaga kerja sekitar IKM sentra kopi,” tutupnya.

 Sebagai informasi, pembangunan sentra IKM kopi di Dusun Barung-barung, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang merupakan program DAK fisik penguatan daerah pariwisata prioritas dan sentra industri kecil menengah Tahun Anggaran 2023.

  Adapun tujuan pembangunan sentra IKM kopi sebagai tempat memfasilitasi IKM pengolahan kopi dalam produksi kopi
Sidikalang.

  Kemudian meningkatkan standarisasi mutu hasil produk. Lalu menciptakan nilai tambah melalui peningkatan mutu produk. Selanjutnya, menciptakan efisiensi biaya, waktu produksi dan tenaga. Selain itu, IKM kopi ini bisa mengendalikan dan menjaga stabilitas pasokan produk, dan meningkatkan pemasaran dan penjualan produk kopi Sidikalang. (Sdk/Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini