Ditlantas Polda Sumut Bagikan Helm SNI Gratis kepada Parbetor

Sebarkan:

 


MEDAN | radarsumut: 

  Agar menjadi agen pelopor berkeselamatan berlalulintas. Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Utara (Sumut) membagikan sebanyak 200 helm Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada penarik becak bermotor (parbetor), di Museum Sumatera Utara Jalan HM Joni Kecamatan Medan Kota, Senin (11/ 9/2023). 

 Pembagian dilakukan bertepatan digelarnya Operasi Zebra secara nasional di berbagai provinsi di seluruh Indonesia saat ini. 

  Kegiatan dihadiri langsung oleh Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto, dan jajarannya. 

 "Hari ini, kita menginisiasi kegiatan pembagian helm dalam rangka Operasi Zebra Toba 2023,"ujarnya. 

 Dijelaskannya,  pembagian helm kali ini lain dari yang lain, karena dikhususkan bagi para penarik betor. Sebab, menurutnya, di Medan masih rendahnya kesadaran para parbetor untuk berkendara menggunakan helm SNI.

 "Karena Medan ini cukup banyak abang betor yang sehari-hari bekerja di jalan raya untuk menarik penumpang, dan jika kita lihat banyak yang tidak menggunakan helm,"tandasnya. 

  Karena itu, dalam rangka Ops Zebra Toba 2023, Ditlantas Polda Sumut mengajak para penarik betor agar bisa menjadi agen-agen pelopor keselamatan berlalulintas. "Salah satunya dengan menggunakan helm saat menarik penumpang di jalan raya," jelasnya.

 Muji mengakui, meski pembagian helm SNI itu belum mencukupi untuk penarik betor yang lain, namun dia berharap hal ini bisa menjadi contoh untuk yang lain. Terlebih pihaknya akan melakukan penindakan terhadap penarik betor ataupun pengendara sepeda motor jika ditemukan tidak menggunakan helm SNI.

 Di mana penindakan itu bisa melalui tilang elektronik (ETLE) ataupun tilang di tempat (manual). "Sasaran prioritas pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan fatalitas. Maka jika helm tidak SNI akan kami laksanakan penindakan,"tegasnya. (Juntak ) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini