Hadirnya CC Room ITS Dorong Medan Sebagai Smart City

Sebarkan:

 


MEDAN| radarsumut: 

    CC Room Intelegent Transport Sistem (ITS) mendorong terwujudnya smart city di Kota Medan. Karena hanya dengan satu kamera terpasang memiliki banyak fungsi yang dapat membantu tugas-tugas dari Perangkat Daerah.

 Hal tersebut disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat meresmikan CC Room ITS milik Dinas Perhubungan Kota Medan, dijalan Balai Kota Medan, Rabu (27/12).

 "Kita ingin benar-benar menjadikan Medan sebagai smart city, bagaimana satu kamera yang terpasang ini bisa memiliki banyak fungsi yang dapat terkoneksi dengan tugas-tugas Perangkat Daerah kita lainya,"tandasnya. 

Dihadapan unsur forkopimda kota Medan dan pimpinan Perangkat Daerah yang hadir, Bobby Nasution menjelaskan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi fokus Pemerintah dalam melakukan pembangunan. Agar hasilnya semakin maksimal tentunya harus diiringi dengan peningkatan teknologi.

"Dari teknologi tersebut nantinya kita dapat memantau kepadatan lalu lintas, genangan air, banjir, keadaan cuaca, parkir, smart LPJU dan lainya, teknologi ini akan terus kita kembangkan sehingga nantinya satu kamera yang terpasang juga bisa mendukung kinerja dari forkopimda kita seperti dari Kepolisian, "ujarnya. 

Dikatakan Bobby lagi, ditahun 2023 Pemko Medan secara masif terus melakukan pembangunan. Bobby Nasution menyadari pembangunan yang dilakukan saat ini mengakibatkan kemacetan bagi masyarakat. Meski demikian Bobby Nasution ingin masyarakat bersabar karena pembangunan yang tengah dilakukan akan berdampak baik bagi masyarakat.

"Salah satu upaya untuk mengurai kemacetan tersebut kita sedang membangun underpass dan overpass. Saat ini ada tiga titik yang sedang dikerjakan, dan ditahun depan jumlahnya akan kita tambah lagi,"jelasnya. 

Selain pembangunan underpass dan overpass, Bobby Nasution juga menyebutkan ditahun 2024 Pemko Medan akan memiliki armada bus listrik. Transportasi umum ini merupakan yang pertama di kota Medan.

"Degan hadirnya bus listrik ini masyarakat diharapkan menggunakan transportasi umum. Hal ini penting dilakukan sebab ciri utama kota besar di dunia adalah bagaimana masyarakatnya lebih banyak yang menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi,"sebut Bobby Nasution seraya mengatakan untuk tahap uji coba bus listrik ini akan beroprasi dari Medan Johor (J-City) menuju ke Lapangan Merdeka Medan.

Dalam peresmian yang juga di isi dengan pemberian tali asih kepada anak-anak yatim piatu ini, Bobby Nasution kemudian meninjau langsung fasilitas yang ada di CC Room ITS Medan.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar dalam laporanya menyampaikan sebelum dilakukan pembangunan CC Room ITS Medan, jumlah kamera cctv yang terpasang sebanyak 352 unit yang tediri dari 172 unit kamera PTZ dan 180 unit kamera VID.

"Sebelumnya kamera ini difungsikan hanya untuk memantau lalu lintas, namun saat ini kamera cctv tersebut kita kembangkan fungsinya untuk semua unsur seperti pengontrolan smart LPJU, monitoring parkir, pengecekan seluruh personil yang ada di lapangan dan terkoneksi ke public transport,"kata Iswar.

Selain dibidang perhubungan, Iswar juga menyebutkan CC Room ITS Medan ini juga terkoneksi dengan lintas sektoral. Dimana kamera yang yang terpasang mengarah langsung ke sungai.

"Jadi kita dapat memantau ketinggian air sungai, selain itu kita juga dapat memantau cuaca dan arah angin sebagaimana yang ada di BMKG, dan juga memantau keamanan dan ketertiban umum, "pungkasnya. (Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini