Ini Pesan Afandin di Acara Puncak HUT ke-274 Langkat: Junjung Nilai Luhur & Budaya

Sebarkan:

 

LANGKAT| radarsumut: 

  Hujan turun mengguyur di puncak peringatan Hari Jadi ke 274 Kabupaten Langkat, (17 /1/2024). Meski demikian, tidak mengurangi semangat masyarakat Langkat menyemarakkan HUT  Langkat.

  Ribuan pelaku UMKM penuhi stand Alun-alun T Amir Hamzah, diyakini perharinya perputaran uang mencapai ratusan juta diperayaan HUT ini.

 Tema HUT 'Melangkah bersama mewujudkan Langkat sejahtera dan berbudaya'. Berikut rangkaian kegiatan Pemkab Langkat di puncak peringatan HUT Langkat 2024.

  Di acara resepsi Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH hadir bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan para pejabat Pemprov Sumut, Pemkab Langkat, serta unsur Forkopimda Langkat dan lainnya. 

 Resepsi diawali tarian persembahan etnis budaya dan pemotongan nasi tumpeng. 

  Afandin pada sambutannya, mengajak semua masyarakat Langkat untuk menjadikan HUT ke-247 motivasi untuk terus bergerak memajukan Langkat dengan tetap menjujung tinggi nilai luhur dan budaya yang sudah pada tatanannya dari semenjak pendahulu. 

"Langkat yang penduduknya beragama suku, budaya berserta agama harus jadi penguat antar satu dan lainnya," tegasnya. 

 Dia juga ingin budaya Melayu di kedepankan, sebagai wujud terimakasih bahwa catatan sejarah menyatakan yang membangun dan mendirikan bumi Langkat ini adalah kerjaan Melayu pada masanya. 

 Pj Gubernur Hassanudin menceritakan sedikit sejarah, bahwa nama Langkat diambil dari sebatang pohon yaitu pohon Langkat yang banyak tumbuh di sekitar sungai Langkat, yang diyakini kerajaan Sultan Langkat berdiri dekat dengan Sungai Langkat. 

"Kerajaan Langkat inilah yang mengembangkan Kabupaten Langkat sehingga menjadi besar dan hebat seperti sekarang ini," jelasnya. 

 Selanjutnya pemberian hadiah 2 paket umroh dari Plt Bupati Langkat, 3 paket umroh dari Pj Gubernur Sumut, 1 dari DPR RI Nasril Bahar, bekerja sama dengan PT Alsa Panca Perkasa dan DMDI Langkat. 

Penerima umroh gratis:
- Waginem, Alamat : Ling. III ujung Baka Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu. 
- Teguh imam, alamat : jl. Melati dusun 1 Sidomulyo Kecamatan Binjai. 
- Samsiyah, alamat :  jl. Melati dusun 1 Sidomulyo Kecamatan Binjai. 
- Munawarah, alamat :  Desa perdamaian kecamatan binjai. 
- Rakiman, alamat :  Dusun XI kecamatan Lama Karang Gading. 
- Sri Wahyu Ningsih, alamat :  kelurahan Stabat lama barat kecamatan wampu. 

Juga dilaksanakan pemberian cendramata oleh Pj Gubernur Sumut, Plt. Bupati Langkat, Sekdakab Langkat  Amril kepada masyarakat  Langkat berprestasi:

- Rahimah pencipta mars Kabupaten Langkat 
- M. Nuh pencipta lambang Kabupaten Langkat 
- Faiz Habibi Juara 1 Taekwondo U36 kejuaraan Kemenpora RI 
- Anggraini juara 3 Tilawah MTQ Provinsi Sumut

 Sebelumnya, Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH menjadi pembina upacara HUT di ruang pola Kantor Bupati Langkat sebab hujan, biasanya di halaman kantor. 

  Afandin menginstruksikan setiap substansi mempublikasikan atau menginformasikan segala kerja yang telah dilakukan. Sehingga masyarakat mengetahui secara luas bahwa pemerintah telah bekerja dan berupaya untuk melaksanakan tugas secara paripurna. (Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini