Bupati Pakpak Bharat Panen Perdana Jagung bersama Kementerian dan Offtaker

Sebarkan:

 

Pakpak Bharat| radarsumut: 

  Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor Bersama masyarakat petani food estate dan offtaker (PT.Parna Raya) melakukan Panen Perdana tanaman jagung di lahan food estate, Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu (01/08/2023). 

  Pemanenan perdana ini dilakukan diatas lahan seluas 5 Ha yang telah ditanam pada sekitar 3,5 bulan lalu sebagai bagian dari program pembanguan Lumbung Pangan Baru yang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat Bersama Pemerintah Daerah.

  "Panen ini sesuai harapan kita , mudah-mudahan sesuai perkiraan para petani kira-kira tujuh sampai delapan ton basah, nanti akan kita hitung Bersama supaya hasilnya lebih akurat," ucap Perwakilan PT. Parna Raya, Harapan Simbolon di lokasi.

 Simbolon berjanji, pihaknya akan terus membantu dan mendorong upaya pengembangan areal food estate di Kabupaten Pakpak Bharat.

 "Namun upaya ini bukan sebuah upaya sepihak, tidak bertepuk sebelah tangan ,harus dengan sinergitas kita semua, Pemerintah, masyarakat, dan kami selaku offtaker, kalau kita semua seiring sejalan ya inilah hasilnya seperti yang kita panen hari ini,"tandasnya. 

 Dijelaskannya bahwa Manajemen PT. Parna Raya juga mengirim utusan khusus  menyaksikan langsung panen perdana ini.

 "Ini penting sebagai bahan evaluasi kami kedepan, semoga Tuhan memberkati kita semua,"pungkasnya. 

 Sementara itu Staff Khusus Menteri Koordiantor Kemaritiman dan Investasi RI, Dr. Van Baste mengungkapkan, Panen Perdana ini menjadi hadiah special bagi Kabupaten Pakpak Bharat, yang merayakan Ulang Tahun ke-20 beberapa hari yang lalu.

  "Ini saya rasa menjadi hadiah special dan selamat Ulang Tahun bagi Kabupaten Pakpak  Bharat. Kami melihat pembangunan semakin masiv di sini, kedepan akan terus kita kembangkan, jalan, infrastruktur dan lainnya, harus  bisa lebih baik dari yang sudah ada sekarang ini, terintegrasi dan berkelanjutan, ucapnya. 

  Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor mengisahkan pengalamannya saat melakukan study banding tentang pengembangan pertanian di Negara India beberapa  bulan lalu.
Kami melihat tanaman jagung luar biasa subur, padahal tanah India itu sesungguhnya adalah tanah yang tandus, namun dengan penggunaan pupuk organik mereka  mampu  menghasilkan sampai enam tungkul jagung  perbatang. Mudah -mudahan di sini, dan para petani  harus lebih giat ,rejeki kalian di sini, kalau semakin giat tentu  penghasilan juga bertambah. 

 "Kita tahu sebenarnya jagung ini tidak kenal musim,maka dari itu mari kita lebih giat dan lebih semangat lagi,"ajak Bupati. 

  Dihadapan seluruh tamu undangan,  Bupati memetik buah jagung sebagai tanda panen perdana jagung telah dimulai. Tanaman jagung di atas lahan lima hektar, sebagai bagian awal dari pengembangan food estate di Kabupaten Pakpak Bharat dengan total luasan areal 1800 ha kini dipanen.

 Terimakasih kepada Pemerintah kami, terlebih pak Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi,  Bapak Luhut Binsar Panjaitan, bapak Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, PT . Parna Raya dan semua pihak yang lain, atas perhatian besar nya bagi kami masyarakat petani ini, tanah kami luas, sangat luas namun kami tidak sanggup untuk mengelola, silahkan dikelola untuk kemajuan masyarakat akan kami berikan, ungkap Seorang Tokoh masyarakat Ulumerah, Tamen Berutu. (Obah) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini