Ketua TP PKK Pakpak Bharat Motivasi Pelajar Kegunaan Imunisasi

Sebarkan:

 


MEDAN | radarsumut: 

  Beri motivasi bagi seluruh peserta didik akan pentingnya imunisasi, Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi Pencanangan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Human Papiloma Virus (HPV) Kabupaten Pakpak Bharat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat dan UPT Puskesmas Salak di  SD N 030412, Salak.

  "Anak-anakku semua tidak perlu takut disuntik ya, tidak sakit kok, ada dokternya ini baik dan ramah, supaya anak-anakku semua tetap sehat dan bisa fokus belajarnya,"ujarnya dihadapan ratusan anak sekolah.

  Juniatry menjelaskan, Vaksin ini sangat besar manfaatnya untuk mencegah penyakit Campak, Rubela dan Kanker leher rahim yang merupakan masalah kesehatan di Indonesia bahkan dapat menyebabkan kematian.

  Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pakpak Bharat, dr. Thomas menjelaskan, kegiatan BIAS secara operasional dinilai sangat efektif dan efisien karena sebagian besar sasaran sudah berkumpul atau terorganisir di Sekolah/Madrasah.

  "Meskipun demikian, agar cakupan yang tinggi dapat dicapai maka kegiatan BIAS juga harus menjangkau sasaran usia sekolah yang tidak sekolah maka pelayanan BIAS juga dilaksanakan di posyandu, pos pelayanan imunisasi, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya,"tandasnya. 

  Pemberian imunisasi untuk anak usia SD/MI/ bentuk lain yang sederajat merupakan imunisasi rutin lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit Campak, Rubela, dan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) pada peserta didik perempuan usia sekolah dasar kelas 5 (dosis pertama) dan kelas 6 (dosis kedua) untuk mencegah penyakit Kanker leher rahim.

 Di Kabupaten Pakpak Bharat, sasaran Penerima Vaksin MR  Kelas 1 sebanyak 1128 orang dan HPV  Tahun 2023 Sebanyak 583 Orang. (Obah) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini