Lestarikan Makanan Nasional, TP PKK Pakpak Bharat lomba Buat Pelleng

Sebarkan:

 


Pakpak Bharat | radarsumut: 

 Pemerintah Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat menyelenggarakan Lomba Membuat Pelleng, (11/10). 

  Camat Pergetteng-Getteng Sengkut, Perhatian Manik mengatakan, Lomba Membuat Makanan Tradisional Suku Pakpak ini dilaksanakan bagi para Pengurus TP PKK dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut.

 "Makna penting dari penyelenggaraan kegiatan ini, yakni menjaga dan melestarikan Pelleng sebagai makanan khas suku Pakpak yang telah diakui secara Nasional,"tandasnya. 

  Untuk memperkenalkan masakan pelleng, sebagai makanan tradisional asli suku Pakpak, yang bahkan telah diakui secara Nasional, serta menjaga dan melestarikam masakan khas asli tanah Pakpak ini, tandasnya. 

  Sementara itu Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan, Pemerintah Pakpak Bharat sangat mendukung setiap upaya pelestarian adat dan budaya Pakpak, termasuk makanan khas Pakpak diantaranya Pelleng, ginaru dan lainnya.

 Pemerintah tentu sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, sangat bermanfaat dan sarat makna budaya. Kami juga melihat ada beberapa variasi rasa yang disajikan hari ini. Selamat bagi pemenang, selamat bagi seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, bagi ibu-ibu yang belum menang jangan berkecil hati, jangan bosan-bosan memasak pelleng di rumah kita masing-masing, makanan khas suku kita, suku Pakpak ini harus terus kita jaga dan lestarikan, ucap Berutu.

 Terpilih sebagai Juara pertama dalam lomba memasak pelleng ini adalah TP PKK Desa Kecupak I, disusul oleh TP PKK Desa Kecupak II dan Simerpara sebagai juara kedua dan ketiga.

 Pelleng sebagai makanan khas Pakpak memang kian eksis hingga menasional. Pada tahun 2019 yang lalu, Pelleng telah diakui dan dinobatkan sebagai salah satu Warisan Budaya Nasional Tak Benda Oleh Pemerintah Republik Indonesia. Upaya mencatatkan Pelleng sebagai salah satu warisan budaya tak benda ini, ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat guna menjaga dan melestarikan Pelleng sebagai warisan budaya tanah Pakpak. (Obah) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini