Bupati Eddy Dorong UMKM Dairi Melalui Business Matching, Ini pesannya:

Sebarkan:

 


DAIRI | radarsumut : 

  Pesta Budaya Njuah-njuah dimanfaatkan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu untuk mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dairi melalui Business Matching dan Ngobrol Asyik Bareng UMKM, Sabtu (4/11/2023), bertempat di Stadiun Utama Sidikalang.

 “Pemerintah telah dan selalu berupaya untuk mendukung kemajuan UMKM dengan menciptakan ekosistem yang baik, seperti melibatkan perbankan, melakukan pelatihan pengemasan dan produksi, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dan menyokong perekonomian di Indonesia, khususnya di Dairi,” ucapnya.

  Pemerintah melihat Kabupaten Dairi memiliki potensi untuk tumbuh menjadi pelaku UMKM yang unggul dan dapat mensupply kebutuhan nasional hingga mancanegara.

 “Masyarakat Dairi memiliki semangat yang tinggi untuk berkecimpung di dunia usaha. Dairi juga memiliki sumber daya alam yang mumpuni. Maka kami sebagai pemerintah, secara bertahap menyediakan fasilitas pendukung kemajuan UMKM, diantaranya adalah pembangunan sentra ulos, sentra kopi, pembangunan PLUT, pelaksanaan pelatihan untuk peningkatan kualitas produk, dan berbagai upaya lainnya,” ucapnya.

 Saat ini, lanjut Eddy, potensi yang paling besar berada pada sektor swasta, salah satunya UMKM, yang memiliki fluktuasi yang sangat besar, memerlukan keberanian, dan optimisme yang tinggi. Namun, sektor ini tidak dapat berjalan sendirian, harus ada kolaborasi yang baik antara seluruh elemen.

 "Perputaran ekonomi dapat terjadi melalui belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, ekspor (belum ada), dan perbankan. Ini berarti pemerintah saja tidak mampu, harus ada dukungan dari semua kalangan. Kita bukan superman, melainkan super tim yang harus berkolaborasi untuk kemajuan bersama,”tandasnya. 

  Eddy menambahkan Pemerintah Kabupaten Dairi juga akan berusaha untuk mendatangkan pihak swasta nasional guna membantu UMKM yang ada di Dairi.

 Pada kesempatan ini, Eddy Berutu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaku usaha yang hadir, karena telah mendedikasikan diri untuk masuk ke sektor UMKM, yang merupakan penggerak ekonomi.

  Sebagai informasi, kegiatan ini menghadirkan narasumber antara lain Sukardi Banurea dari Bank Mandiri, Manaek Siregar dari Badan Pertanahan Negara, Mahdi Kudadiri dari Kantor Kementerian Agama Dairi, Jekson Butar-butar dari Badan Pusat Statistik, Eben Gurning dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Zulpan Rizky Amanda dari Bank Indonesia, serta Edy Primsa Brahmana dari Bank Sumut KC. Sidikalang. (Jun)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini