Kapolres Simalungun Dampingi Dirlantas Olah TKP dengan Sistem TAA

Sebarkan:

 

Simalungun| radarsumut: 

  Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala mendampingi Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji memimpin olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan beruntun yang mengakibatkan enam korban meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka, (25/1/ 2024).  

   Dirlantas Poldasumut Kombes Muji Ediyanto menyampaikan pihaknya telah melaksanakan olah TKP berbasis IT yaitu dengan menggunakan Traffic Accident Analysis (TAA) dalam rangka untuk mengetahui kejadian kecelakaan lalulintas kemarin disini yang menyebakan korban meninggal dunia sebanyak 6 orang. 

  Dijelaskannya, Kegiatan ini bertujuan untuk melihat sebelum kejadian, bagaimana kondisi sebenarnya sebelum kejadian, pada saat kejadian dan setelah kejadian, ini nanti menjadi alat bukti didalam rangka proses penyidikan kecelakaan tersebut.

 "Dari lokasi tempat kejadian perkara tentu dapat kita melihat bahwa himbauan-himbauan keamanan berlalulintas masih kurang, seperti peringatan rawan kecelakaan berlalulintas, jalan terlihat menurun namun tidak tajam dan tentunya nanti agar ditambah rambu-rambu lalulintas serta peringatan-peringatan dan hasil dari pengecekan ini akan segera kita ketahui dan akan kami sampaikan,"bebernya. 

  Kegiatan ini berlangsung di Jalan umum Km 24-25 jurusan Pematangsiantar menuju Pematangraya, tepatnya di desa Bulu Pange, Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Dilakukan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis (TAA) berbasis IT. 

 TAA merupakan sistem analisa kecelakaan berbasis digital yang mengintegrasikan data dan faktor kecelakaan untuk memberikan gambaran mendetail mengenai kejadian sebelum, selama, dan sesudah kecelakaan berlangsung. Dengan adanya alat ini, proses investigasi diharapkan menjadi lebih jelas dan objektif dengan mengeliminasi spekulasi yang tidak berdasar. (Hum/Son) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini