News

Pj. Bupati Langkat Beri Penghargaan SAKIP dan Pelayanan Publik Terbaik

Sebarkan:

 



Langkat| radarsumut: 

  Menjelang akhir tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar dialog kinerja dalam rangka mengevaluasi capaian kinerja dan merumuskan strategi peningkatan di lingkungan pemerintah daerah. Acara yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat pada Selasa (17/12/2024) ini turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Langkat, H. M. Faisal Hasrimy. 

  Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Langkat memberikan penghargaan kepada kepala perangkat daerah, kecamatan, desa, dan unit layanan kesehatan yang berhasil menunjukkan kinerja terbaik dalam implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan pelayanan publik.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi seluruh perangkat daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya. 

 Dalam sambutannya, Faisal menjelaskan bahwa pelaksanaan SAKIP merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014. Sistem ini merupakan rangkaian aktivitas yang dirancang untuk memastikan akuntabilitas dan peningkatan kinerja instansi pemerintah melalui perencanaan dan penganggaran yang efektif serta efisien

  “Melalui SAKIP, pemerintah daerah didorong untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional. Dengan sistem ini, kinerja instansi menjadi lebih terukur, terintegrasi, dan berdampak langsung kepada masyarakat,” tambahnya.

 Pj Bupati Langkat juga mengapresiasi capaian Kabupaten Langkat yang baru-baru ini berhasil meraih posisi kedua se-Sumatera Utara dalam kategori pelayanan publik terbaik.

“Prestasi ini membanggakan, namun kita tidak boleh berhenti di sini. Saya mengingatkan pentingnya inovasi pelayanan, kepatuhan terhadap standar pelayanan, peningkatan kompetensi aparatur, serta responsif terhadap keluhan masyarakat,” tegasnya.

 Senada dengan Pj Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Langkat, Amril, menekankan pentingnya peningkatan implementasi SAKIP dengan target mencapai predikat BB pada evaluasi berikutnya.

“Kita akan terus berupaya untuk mendapatkan predikat BB dan menjadikan pelayanan publik Kabupaten Langkat mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2025,” ujar Amril.

1. Dinas Penanaman Modal dan PTSP (97,85)

2. Dinas Kesehatan (97,84)

3. Puskesmas Securai (97,50)

4. Dinas Sosial (97,29)

5. Puskesmas Stabat (96,87)

6. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (96,49)

7. Dinas Pendidikan (94,36)


Desa dengan Pelayanan Publik Terbaik:

1. Desa Securai Selatan

2. Desa Tanjung Putus

3. Desa Sei Limbat



Puskesmas dengan Pelayanan Publik Terbaik:

1. Puskesmas Besitang

2. Puskesmas Desa Lama

3. Puskesmas Hinai Kiri


 Sebelum menutup acara, Faisal Hasrimy mengungkapkan harapannya agar penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung tercapainya visi pembangunan Kabupaten Langkat.

 “Kita semua harus menjadikan penghargaan ini sebagai introspeksi dan momentum untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” tutupnya.(Jun) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini